Begini sejarah Permainan Domino

Domino adalah jenis permainan kartu yang sangat populer di masyarakat. Domino sering dimainkan terutama pada kampung-kampung. Banyak orang  bermain Domino ketika berkumpul di suatu acara. Permainan kartu Domino tak hanya bermanfaat mempererat hubungan antar teman, kenalan, atau saudara. Namun juga untuk mendapatkan keuntungan atau judi.

Domino tak hanya menarik dari segi strategi permainannya. Namun juga dari segi historisnya atau sejarahnya. Domino mulai dikenal dengan nama Tile. Permainan ini ditemukan pertama kali pada tahun 1120 Masehi di Cina. Permainan Tile diciptakan oleh seorang abdi kerajaan bernama Keung Tai Kung. Permainan ini dipersembahkan kepada Kaisar Hui Tsung.

Kaisar Kao Tsung ini adalah penerus Kaisar Hai Tsung. Dia menyebarkan permainan Domino ke seluruh dunia di tahun 1127 Masehi s/d 1163 Masehi. Permainan ini disebarkan oleh saudagar Cina ke Eropa. Permainan Domino ini nantinya menjadi permainan favorit di Naples dan Venice di abad ke-18.

Domino berasal dari bahasa Latin yaitu Dominus artinya tuan rumah. Permainan ini memang berasal dari Cina meskipun banyak yang mengklaim berasal dari Eropa. Sebagian berpendapat  permainan Domino adalah evolusi seperti permainan remi. Permainan Domino ini pada awalnya banyak dimainkan pada masyarakat daerah pedesaan.

Aturan permainan yang sering dimainkan adalah blocking. Setiap pemain akan mendapatkan 7 buha kartu pada awalnya. Lalu sebuah kartu dibuka untuk awalan. Pemain kemudian melanjutkan baris Domino sesuai yang awal dibuka tadi.

Pemenang permainan ditentukan dari pemain yang tak lagi memiliki kartu untuk bermain. Setiap pemain berusaha melawan pemblockingan supaya para lawannya tak bisa meneruskan permainan.

 

 

 

This entry was posted in Sejarah Domino. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *